Cara Memasak Daging Pake Panci Presto


Keuntungan utama memasak daging dengan panci presto ialah daging jauh lebih cepat empuk sesampai tempo masak dapat diminimalisir hingga 60 menit. Sekarang dengan tersedianya panci presto, memasak rendang tidak memakan waktu daripada saat memakai panci biasa.

Tetapi faktanya, dibalik keuntungannya itu terdapat kekurangan yang akhirnya menjadi penyebab banyak orang untuk tak ingin lagi memasak daging atau ikan menggunakan panci presto. Kekurangan yang paling nyata adalah pada rasa dagingnya yang hambar atau 'sepo/anyep' menurut orang Jawa.

Sesudah melewati rangkaian percobaan, akhirnya didapatkan cara paling memuaskan memasak daging menggunakan panci presto. Caranya, panci presto cuma dipakai pada tahap akhir memasak atau digunakan pada tahap pengempukan.

Tahap – tahap sebelumnya yakni penumisan bumbu, peresapan bumbu (ungkep), hingga penuangan santan, diproses memakai wajan. Setelah kurang lebih 45 menit atau sesudah bumbu benar-benar meresap ke dalam daging, barulah daging dan kuahnya dipindahkan ke panci presto.

Masak lagi kurang lebih 30 menit. Setelah api dimatikan, diamkan presto sampai tekanannya benar-benar habis. Silahkan cek hasilnya. Disebabkan bumbu telah diresapkan ke daging sebelum dimasukkan ke presto, maka pemasakan daging di presto cuma berakibat pada testurnya.

 

Cara Masak Daging Menggunakan Panci Presto

Pertama, masukkan daging yang sudah berbumbu ke dalam panci. Tambahkan air  sampai daging terendam. Tambahkan air hingga setinggi 2/3 bagian panci. Masak dengan api maksimal sampai terdengar desis.

Kecilkan api serta diamkan sampai matang. Matikan kompor. Tunggu sekitar 15 menit agar tekanan di dalam panci turun.

Oh ya, panci presto ada yang menggunakan listrik juga lho. Tentu prinsip kerjanya tidaklah sama.  Yakinkan untuk mengetahui panduan manualnya secara seksama supaya bisa sukses memasak daging dengan panci presto.

Referensi : mufidbtm.blogspot.com/2011/11/cara-memasak-daging-dengan-panci-presto.html, https://www.mondasiregar.com/tips-memasak-ketupat-dan-daging-dengan-panci-presto/,

BACA JUGA : 6 Rekomendasi Panci Presto


Back To Top