Cara Menggunakan Panci Presto Maxim 7 Liter


Cara menggunakan panci presto Maxim 7 liter sebenarnya mudah dan praktis. Hanya saja, masih ada diantara kamu yang mungkin khawatir atau takut menggunakan panci presto. Ini bisa jadi karena bentuknya berbeda dari panci biasa konvensional, yang memang cara memasaknya sedikit berbeda. 
 
Padahal panci presto sebenarnya juga merupakan panci konvensional yang sudah lama ada dan digunakan oleh masyarakat umum.

Cara menggunakan panci presto Maxim 7 liter dan ukuran lain pada dasarnya memiliki kesamaan. Satu-satunya perbedaan adalah ukuran atau volume panci. Dengan ukuran yang berbeda akan memiliki bobot dan kapasitas yang berbeda. 
 
Untuk itu, perhatikan kompor dan dudukan kompor yang digunakan. Pastikan kompor dan dudukan kompor dan meja yang Anda gunakan mampu menahan beban maksimum panci presto yang kita gunakan.

Cara kerja presto panci Maxim sangat sederhana, namun perlu disadari untuk bisa memasak dengan benar dan aman. Presto adalah panci bertekanan tinggi saat digunakan untuk memasak. Hal itu disebabkan karena ketika memasak, si panci dalam keadaan tertutup dengan sangat rapat. 
 
Dengan ketebalan yang dia punyai, maka si panci bisa menciptakan tekanan tinggi sehingga bisa masak lebih cepat. Tekanan yang ada biasanya muncul dengan bantuan air yang dipanaskan sampai munculnya uap air.

Cara menggunakan panci Presto 7 liter berbeda untuk satu menu masakan dengan menu lainnya. Itu karena perbedaan tekstur makanan yang dimasak. Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan bahan yang digunakan dan lamanya memasak yang dibutuhkan. 
 
Jika kita masak terlalu lama, maka masakan yang ada bisa jadi bubur atau hangus. Hidangan yang gosong, selain tidak enak dimakan, juga akan merusak panci presto itu sendiri.

Panci presto merek Maxim telah diketahui memiliki kualitas tinggi dengan harga yang cukup kompetitif seperti produk Maxim lainnya. Setelah mengetahui bagaimana cara kerja presto, maka kita bisa menggunakan presto lebih aman. 
 
Anda harus memeriksa panci yang kita gunakan dan harus dalam kondisi fisik yang baik, sehingga tidak akan ada kebocoran uap saat memasak.

Untuk menggunakannya pertama perhatikan bahan yang akan kita masak. Untuk daging dan ikan, sebaiknya kita tidak mengisi panci lebih dari 3/4 dari tinggi panci itu sendiri. Untuk memasak nasi tidak melebihi 2/3 panci. Untuk bahan yang mengembang tidak boleh melebihi 1/2 presto.

Misalnya Anda ingin memasak sesuatu, ini tanpa menggunakan steamer pan.
  • Masukkan air dan bumbu dan bahan utama daging
  • Tutup wajan presto yang digunakan untuk memasak. Tutupi wajan dengan gagang tutup panci yang diposisikan di sebelah kanan pegangan wajan, jangan dimiringkan, lalu geser atau seret hingga gagangnya tertutup dan gagang wajan sejajar dengan bagian bawah.
  • Lepaskan katup tekanan terlebih dulu di bagian tengah tutup panci.
  • Lalu angkat dan taroh diatas kompor, jaga agar api tidak melebihi diameter wajan.
  • Saat keluar uap, pasang katup tekanan yang dikeluarkan tadi.
  • Karena tekanan yang kuat, cover ini akan berbunyi. Jangan khawatir tentang hal itu.
  • Bila uap keluar dari katup tengah dan katup tepi, pertanda sudah panas. Hitunglah waktu sejak uap keluar dari 2 katup.
  • Perkiraan waktu memasak: Ikan: 5 menit, Beras: 5 menit, Ayam: 13-15 menit, Daging: 30 menit
  • Setelah perkiraan waktu 1 atau 2 menit tidak masalah, matikan api dan memasaknya sudah matang. Panci bisa dibuka setelah uap atau tekanan keluar dari panci.
Cara menggunakan panci di atas harus memperhatikan jumlah masakan yang akan kita masak. Untuk ayam, daging dan ikan, kapasitas maksimal seharusnya tidak lebih dari dua pertiga kapasitas panci. 
 
Sedangkan untuk memasak kuah maksimal setengah panci saja. Karena proses memasak ini menggunakan tekanan tinggi, untuk membuka tutup panci buka tuas pengaman terlebih dahulu sampai semua tekanan uap lenyap agar lebih aman.

Panci Presto Maxim

Beberapa jenis panci presto Maxim terpopuler dan terlaris yang banyak dijual online antara lain :

Maxim Presto Panci
Fitur Produk
- Dirancang menggunakan sistem penguncian dan katup untuk menjaga keamanan yang digunakan
- Dilengkapi dengan fitur anti gores & karat
- Dengan distribusi panas yang merata, sehingga masakan menjadi lebih cepat matang sempurna
- Bahan: Teflon
- Tersedia dengan isi 4, 7, 12 liter


Prinsip Kerja Pressure Cooker

Pressure cooker atau panci presto adalah panci yang bisa digunakan untuk memasak agar lebih cepat matang dengan media air mendidih beserta bahan makanannya, mungkin timbul pertanyaan kenapa panci ini bisa mempercepat memasak sedangkan panci lainnya tidak?

Pada prinsipnya, air yang dipanaskan akan mendidih pada suhu 100 derajat Celcius pada tekanan 1Atmosfer. Kita tahu bahwa pressure cooker terbuat dari bahan stainless steel yang tebal dan memiliki tutup yang sangat rapat sehingga saat air mendidih, uap air tidak akan keluar sehingga mengumpul di panci.

Menurut teori “tekanan berbanding lurus dengan kenaikan suhu” yaitu dengan bertambahnya tekanan dalam panci maka suhu air mendidih akan naik melebihi 100 derajat celcius, dengan demikian waktu memasak akan lebih singkat yaitu sekitar 1 /3 waktu memasak menggunakan wajan biasa. Selain itu, kualitas nutrisi dan vitamin dalam makanan akan tetap terjaga.

Dengan menggunakan pressure cooker, warna dan aroma bahan masakan kita tidak akan berubah. Sebagai pengaman dipasang katup pada tutupnya yang berfungsi untuk membuang tekanan yang melebihi batas tertentu, hal ini untuk menjaga agar tekanan di dalam panci tidak menimbulkan ledakan.

Beberapa keuntungan memasak menggunakan pressure cooker:

  •     Praktis dalam menggunakannya.
  •     Waktu memasak lebih cepat
  •     Karena proses memasaknya yang cepat, maka akan lebih menghemat bahan bakar.
  •     Makanan menjadi lebih sehat karena kualitas nutrisi dalam makanan tetap terjaga.

Cara Menggunakan Panci Presto

Berikut cara menggunakan pressure cooker dengan baik dan benar agar panci tahan lama dan matang sempurna!

Baca Petunjuk Penggunaan

Setiap pressure cooker yang diproduksi oleh merek lokal dan internasional memiliki fungsi dan fitur yang berbeda. Beberapa dari mereka memiliki lebih banyak fitur daripada yang lain dan beberapa juga tidak lengkap.

Untuk penggunaan yang aman, ada baiknya Anda membaca petunjuk penggunaan dan fungsi dari masing-masing fitur tersebut dari suhu api yang direkomendasikan hingga jumlah bahan yang dapat ditampung dalam panci.

Periksa kelengkapan pressure cooker

Beberapa pressure cooker dilengkapi dengan berbagai fitur pelengkap seperti saringan, panci uap, dan banyak lagi. Pastikan semua komponen bawaan sudah ada di dalam kotak.

Komponen pelengkap lainnya yang biasanya disertakan dengan pressure cooker adalah penutup panci karet, baut pegangan, gasket, dan pegangan pegangan. Komponen-komponen tersebut berfungsi sebagai alat pengganti jika komponen utama pada panci mengalami kerusakan.

Panaskan dan Cuci Sebelum Digunakan

Cara menggunakan pressure cooker selanjutnya adalah dengan memanaskan wajan sebelum digunakan. Lakukan langkah ini sebelum panci menyentuh bahan, baik itu air, daging, atau sayuran. Panaskan pada suhu 100 derajat Celcius hingga bagian bawah wajan berubah warna menjadi sedikit kecoklatan.

Hal ini perlu dilakukan untuk membunuh kuman membandel yang sulit dihilangkan hanya dengan menggunakan cairan pencuci piring. Setelah panas, tiriskan lalu cuci menggunakan air hangat hingga bersih.

Jangan Lupa Pakai Air

Pressure cooker bekerja menggunakan uap air, oleh karena itu memainkan peran yang sangat penting dalam mengoperasikan panci. Anda tidak dapat menggunakan panci bertekanan tinggi tanpa menambahkan air secukupnya ke dalam panci.

Panduan penggunaan di dalam kotak akan menunjukkan jumlah air minimum dan maksimum yang Anda butuhkan untuk memasak hidangan yang berbeda. 

Jika Anda menggunakan resep yang tidak memerlukan bahan untuk menjadi lunak kau bisa mengurangi jumlah air di dalam panci, asalkan tidak terlalu banyak.

Mengatur panasnya api

Nyalakan kompor dan mulailah memasak. Perhatikan resep yang Anda masak, jika tidak membutuhkan bahan yang lembut, jangan biarkan api terlalu besar. Api yang menyala terlalu tinggi akan membuat makanan terlalu matang, membuatnya lembek dan berair.

Sesuaikan panas api dengan kebutuhan resep. Jangan biarkan terlalu lama, jika panci mengeluarkan suara keras, ini tandanya uap memiliki kapasitas tinggi. Jadi, kecilkan api agar makanan tidak terlalu matang dan biarkan uap mendistribusikan panas ke dalam isi wajan.

Selain mengurangi panas, Anda juga bisa melepaskan panas dengan membuka tutup panci. Gunakan sarung tangan oven untuk melindungi tangan Anda dari uap panas.

Menghitung Jumlah Makanan

Cara menggunakan pressure cooker selanjutnya adalah menghitung volume bahan dalam panci. Satu pressure cooker tradisional dapat menampung sebanyak 1 cangkir berukuran sedang. Dengan air sebanyak itu, Anda bisa memasak masakan selama 20 hingga 25 menit dengan hasil yang memuaskan.

Sementara itu, pressure cooker modern dengan fungsi serbaguna dapat menampung sekitar 1 setengah cangkir, dan dapat memasak makanan selama 30 menit. Agar panci tidak cepat rusak, Anda disarankan untuk tidak mengisinya lebih dari jumlah yang diinstruksikan.

Begitu juga dengan jumlah makanan di dalamnya. Ikuti instruksi volume panci, dan kurangi sekitar 1/4 dari jumlah itu agar uap tidak meluap keluar dari panci.

Hindari membuka panci saat masih panas

Kesalahan paling umum adalah membuka penutup saat katup berbunyi, tetapi ini dapat menyebabkan kecelakaan dan lecet.

Sebelum membuka tutupnya, pastikan tidak ada tekanan atau uap dari panci. Sebab, jika terpaksa dibuka, maka air bisa menyembur keluar dan membasahi ruangan. Lebih buruk lagi jika mengenai tubuh dan menimbulkan rasa sakit.

Karena itu, saat memasak, sesuaikan panasnya untuk mengurangi tekanan panas. Setelah beberapa saat setelah berdering, diamkan dan tunggu hingga dingin. Kemudian buka dan pindahkan makanan yang sudah dimasak.

Jika perlu gunakan timer

Waktu memasak tergantung pada jenis makanannya, jadi penting untuk selalu mengawasi pressure cooker. Jika memungkinkan, sebaiknya Anda juga menggunakan timer, agar lebih mudah saat memperkirakan waktu untuk membuka tutupnya.

Selain untuk menjaga kualitas dan tekstur makanan, juga sebagai upaya untuk mencegah terjadinya kesalahan karena kurang teliti.

Cara Membersihkan Pressure Cooker

Meskipun sebagian besar panci presto terbuat dari baja tahan karat yang kokoh dan tahan lama, Anda tetap harus menjaga keutuhan panci dengan mencucinya hingga bersih. Karena pressure cooker lebih sering menggunakan air, Anda harus menjaga panci tetap kering agar tidak cepat berkarat.

Bersihkan panci menggunakan cairan pembersih yang dapat menghilangkan lemak yang membandel. Anda dapat memilih antara cairan pembersih kimia atau alami seperti campuran air lemon dan soda kue. Simpan panci presto di lemari kering, jauhkan dari sinar matahari.

Tips Memilih Pressure Cooker

Agar awet, ikuti beberapa tips ketika akan membeli panci presto :

  • Pilih yang berbahan stainless steel tebal, karena wajan akan tahan terhadap tekanan uap air yang sangat kuat.
  • Carilah yang dilengkapi dengan katup pengaman tekanan, dengan pengaman ini akan keluar tekanan berlebih dari panci, jika pressure cooker tidak memiliki pengaman ini dikhawatirkan akan meledak karena tekanan uap air yang sangat kuat.
  • Saat memasang tutup harus dilakukan dengan benar yaitu tertutup rapat agar tidak ada uap air yang keluar, periksa karet pada tutup agar tidak rusak, ganti karet bila sudah tidak layak pakai.
Artikel lain yang sekategori :
- video cara menggunakan panci presto maxim
- resep menggunakan panci presto maxim
- cara menggunakan panci presto untuk pepes
- cara memasak rendang daging menggunakan panci presto
- cara menggunakan presto daging
- cara menggunakan panci presto airlux
- cara memasak nasi dengan panci presto
- cara menggunakan panci presto maxim 12 liter

Sumber :
http://www.my2by2.net/2016/10/cara-menggunakan-panci-presto-maxim-4.html


BACA JUGA : 6 Rekomendasi Panci Presto


Back To Top