Cara Memasak Daging dengan Panci Presto Maxim


Cara memasak daging dengan panci presto, merebus daging sapi dipresto berapa menit - Kelebihan utama memasak daging dengan panci presto adalah daging jauh lebih cepat empuk sehingga waktu masak bisa dikurangi hingga 60%. Jika biasanya diperlukan  waktu 3 jam untuk memasak daging hingga empuk, namun dengan panci presto hanya dibutuhkan waktu kurang dari satu jam.

Tetapi, disamping ada kelebihannya, ternyata ada juga kekurangannya sehingga inilah akhirnya yang menjadi alasan sebagian ibu-ibu, enggan memasak daging atau ikan menggunakan panci bertekanan. Kerugian yang paling jelas adalah rasa dagingnya yang tidak berasa.

Cara Menggunakan Panci Maxim Presto

Panci Maxim Presto terdiri dari panci presto dan panci uap yang terlihat seperti panci di atas rice cooker. Ukuran Maxim Presto adalah 4 liter dan 7 ltr.

Untuk penggunaannya, perhatikan dulu makanan yang akan dimasak.
- Daging dan ikan, isinya tidak boleh melebihi 3/4 panci
- Beras, isinya tidak melebihi 2/3 panci
- Bahan mengembang (tepung, kacang-kacangan, dll), isinya tidak melebihi 1/2 panci

Cara Memasak Daging dengan Panci Presto Maxim

Bahan, bumbu, dan air secukupnya, Anda masukkan langsung ke dalam panci presto, sementara panci steamer tidak Anda gunakan. Setelah mengisi bahan, tutuplah panci dengan sempurna. Perhatikan tanda panah yang ada pada gagang panci dan tutup panci, ratakan. Tekan-tekan tutup panci, agar tutup panci dapat digeser untuk mengunci.


Lepaskan dahulu Katup Pembatas Tekanan pada saat awal memasak. Katup Pembatas Tekanan, gambarnya seperti ini :



Hidupkan api besar, besarnya api jangan melebihi diameter panci. Pantau terus sampai uap keluar dari lubang A dan B.

Cara Memasak Daging dengan Panci Presto Maxim



Saat sudah keluar uap, segera pasang Katup Pembatas Tekanan di titik B. Teruslah memantaunya sampai uap keluar dengan kencang dari katup pembatas tekanan.

Saat uap keluar dengan nyaring, kurangi panasnya. Tunggu sampai bahannya sampai matang. Diperkirakan waktu yang dibutuhkan karena uap keluar dari lubang A dan B untuk memasak daging sapi adalah 30 menit, untuk daging unggas atau ayam sekitar 13 menit dan untuk ikan dan nasi sekitar 5 menit.

Segera matikan kompor apabila uap hanya keluar dari satu lubang saja atau bagian panci lainnya misal keluarnya dari bibir panci. Segera matikan kompor, buka panci setelah dingin dan pastikan apakah ada penyumbatan pada lubang panci atau masalah lainnya.

Panci baru dapat dibuka setelah semua uap keluar dari panci. Bila ingin membuka panci dengan cepat, dapat dilakukan dengan cara mengucurkan air ke tutup panci, atau merendam sedikit bagian bawah panci dengan air dingin.

Waktu yang diperlukan untuk memasak dapat disesuaikan lagi dengan keinginan kita. Berdasarkan pengalaman pengguna yang lain, terkadang bumbu tidak terlalu meresap bila menggunakan panci presto. Untuk mengakalinya, akhirnya ada cara paling memuaskan memasak daging menggunakan panci presto namun bumbu tidak hambar lagi.

Caranya, panci presto hanya digunakan pada tahap akhir memasak, atau dipakai pada tahap pelunakan atau pengempukan. Tahap-tahap sebelumnya; penumisan bumbu, peresapan bumbu hingga penuangan santan, diproses menggunakan wajan.

Setelah sekitar 45 menit atau setelah rempah-rempah benar-benar meresap ke dalam daging, maka daging dan kuahnya dipindahkan ke wajan presto. Masak selama sekitar 30 menit. Setelah api padam, tinggalkan presto sampai tekanan benar-benar habis.

Hasil akhirnya, bahan makanan akan cepat disajikan, lebih lembut, dan vitamin tidak banyak hilang karena proses pemanasannya tidak terlalu lama.

Cara Memasak Rendang Daging Menggunakan Panci Presto

Supaya tidak penasaran, berikut ini Saya kasih resep bagaimana cara membuat daging rendang dengan menggunakan panci presto.
Bahan:
- 1 kg daging sapi dipotong sesuai selera
- 3 buah kelapa tua untuk santan kental
- 15 butir bawang merah
- 8 siung bawang putih
- 1 ons cabai merah
- 2 cm jahe
- 2 cm lengkuas, dimemarkan
- 1 sendok teh merica bubuk
- 2 batang sereh, geprek dahulu
- 2 biji asam kandis
- 2 buah bunga pekak (lawang)
- 3 lembar daun jeruk
- 4 lembar daun salam
- 1 lembar daun kunyit
- Garam
- Gula pasir


Bahan pelengkap:
- Kelapa serundeng yang sudah disangrai
- 1 ons hati sapi, potong dadu kecil lalau direbus

Cara membuat:
  • Haluskan terlebih dahulu bawang merah dan putih, kemudian cabai, jahe dan lengkuas.
  • Agar rempah-rempah tetap menempel dan menyerap ke dalam daging, tumislah dulu daging sapi yang telah dipotong-potong dengan rempah-rempah yang sudah diratakan, tunggu sampai dagingnya beruap dan agak kering.
  • Siapkan panci presto.
  • Masukan santan kental, lada bubuk, serai, asam kandis, bunga pekak, daun sitrus, daun salam, garam dan gula ke dalam wajan presto. Kemudian masukkan tumisan tadi lalu aduk hingga merata, jangan lupa sertakan daun kunyit yang sudah dirobek-robek.
  • Tutup wajan presto, masak selama kurang lebih 30 menit sejak panci mendesis. Tunggu sampai uap di panci hilang, masukkan bahan ke rendang, lalu aduk sampai tercampur rata. Masak lagi selama 10 menit sejak panci mendesis.
  • Angkat, dan rendang sudah siap saji.

Itulah yang bisa Saya sampaikan seputar cara mempresto daging sapi. Baca pula beberapa tema lainnya yang juga penting dibaca yakni tentang :
berapa lama presto ayam merah
video cara menggunakan panci presto maxim
cara menggunakan panci presto happy call
berapa lama merebus daging agar empuk
- cara menggunakan panci presto maxim 7 liter
- waktu memasak dengan panci presto
- cara memasak nasi dengan panci presto
- cara menggunakan panci presto untuk pepes

Sumber :
http://faradinaw.blogspot.co.id/2016/12/panci-maxim-presto-pertama.html
http://mufidbtm.blogspot.co.id/2011/11/cara-memasak-daging-dengan-panci-presto.html
https://www.mapan.id/blog/resep-praktis-bikin-rendang-pakai-presto-yuk/


BACA JUGA : 6 Rekomendasi Panci Presto


Back To Top