Berapa Lama Merebus Daging Agar Empuk


Rendang daging sapi dan daging panggang adalah potongan daging sapi yang butuh kesempurnaan dalam merebus. Saat direbus, jaringan ikat yang keras di antara serat otot akan pecah. Proses ini menghasilkan daging yang menyusut, melunak dan menyerap rasa dari kuah dan bumbu-bumbu yang ada di dalamnya.

Daging sapi rebus adalah menu lauk buat makan malam yang ideal, karena sekali direbus, dagingnya dapat digunakan dalam sejumlah menu makanan. Lalu bagaimana caranya dan berapa lama merebus daging agar empuk ?

Sebelumnya, Anda harus siapkan bahan-bahannya sebagai beriktu :
- daging sapi 1,5 - 2 kg
- bumbu secukupnya
- panci dengan tutupnya
- talenan
- pisau tajam
- termometer daging
- kentang rebus, wortel, dan kol (opsional)

Pertama, keluarkan daging sapi dari kemasannya yang Anda beli lalu dan bilas hingga bersih di bawah air mengalir yang dingin. Biarkan lemak secara utuh jangan dibuang karena lemak akan memberi rasa aroma daging sapi selama proses memasak.

Setelah itu, tempatkan daging sapi dalam panci besar dan bisa ditambahkan bumbu pilihan Anda. Misalnya, Anda bisa membumbui daging sapi dengan 10 biji lada hitam utuh, 1/8 sdt. cengkeh dan 1 daun salam untuk menghasilkan rasa manis dan pedas.


Berapa Lama Merebus Daging Agar Empuk


Lalu taruh panci di atas kompor dan isi dengan air. Air harus benar-benar menutupi daging sapi. Didihkan air dengan api sedang-tinggi, lalu kecilkan api dan tutup panci dengan tutupnya. Jangan biarkan semua air mendidih keluar dari panci. Jika perlu, tambahkan lebih banyak air untuk mencegah daging terbakar.




Rebus daging sapi selama tiga hingga lima jam, atau sampai empuk. Perhatikan suhu daging sapi sebelum Anda berhenti memasaknya, suhu pada daging harus mencapai suhu internal 70 derajat Celcius.




Pisahkan daging sapi dari air mendidih dan pindahkan ke talenan. Iris daging sapi secara diagonal  dengan pisau tajam. Daging sapi rebus paling empuk saat diiris menjadi irisan dengan ketebalan 1/4-inci atau setengan sebti. Sajikan irisannya selagi hangat atau dingin. Anda bisa menyajikan daging sapi sisa dalam sandwich dengan mustard dan roti gandum hitam. Ingat bahwa daging sapi mengandung lemak jenuh. Batasi asupan Anda dengan mengkonsumsi porsi kecil saja yakni 4 ons.




Demikianlah jawaban dari pertanyaan bagaimana membuat daging empuk dan berapa lama memasak atau merebus daging dengan panci agar cepat empuk dan tidak bau untuk membuat rendang atau menu lainnya.

Sumber :
https://www.livestrong.com/article/501816-how-to-boil-beef-to-make-it-tender/


BACA JUGA : 6 Rekomendasi Panci Presto


Tag : merebus daging
Back To Top