Cara Menggunakan Panci Presto


Cara menggunakan panci presto, baik itu panci presto merk maxim, vicenza, happy call, oxone, signora, hakasima, vaganza, oriflame, boboko, baik itu ukuran 4 liter, 8 liter atau 12 liter, entah itu untuk pepes, ayam, daging sapi dan lainnya, maka sebaiknya diperhatikan. Tujuannya agar kita tidak salah memasak sehingga hasilnya berkualitas dan paci presto tidak rusak.

Cara menggunakan panci presto yang benar

Cara menggunakan panci presto yg benar akan menghasilkan makanan sehat, karena kandungan gizi yang terkandung dalam makanan akan terjaga sehingga makanan akan lebih sehat saat dikonsumsi. Memasak menggunakan panci presto sebenarnya lebih mudah dan lebih praktis, sehingga pekerjaan Anda akan lebih mudah.

Memasak menggunakan panci presto, akan masak lebih cepat dan makanan akan menjadi lebih empuk. Memasak menggunakan panci presto akan lebih ekonomis dalam bahan bakar gas. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara menggunakan panci presto yang benar.

Menggunakan panci presto dengan benar akan memaksimalkan kinerjanya, selain itu Anda juga akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Menggunakan panci presto harus lebih hati-hati, karena panci presto berbeda dari panci biasa.

Jadi bagaimana cara menggunakan panci presto yang benar? Untuk mengetahuinya, Anda dapat membaca tips lengkap di bawah ini :

Memeriksa panci presto

Pertama, Anda harus memeriksa panci presto yang akan Anda gunakan. Sebelum menggunakannya, panci presto harus bersih, baik di luar maupun di dalam. Pastikan tidak ada sisa makanan di dalam panci atau kotoran apa pun di tepi atau tutupnya. Panci presto tidak dalam keadaan rusak, dan cincin karet harus dalam kondisi baik. Bodi panci harus sesuai dengan ukuran tutup panci, tidak rapuh atau pecah-pecah.

Sudah diisi air

Anda harus memastikan bahwa panci presto sudah diisi dengan air. Untuk jumlah air itu sendiri memiliki jumlah minum. Jangan menggunakan panci presto untuk mengisi makanan lebih dari dua pertiga ukuran panci itu sendiri.

Hal ini dilakukan untuk menghindari tekanan uap berlebihan saat memasak. Sedangkan untuk hidangan yang menghasilkan kaldu atau busa, maka isi hingga setengah dari kapasitas panci presto.


Kecilkan api

Saat menggunakan panci presto dan tekanan uap sudah tercapai, Anda bisa langsung mengurangi api.

Perhatikan waktu memasak

Anda harus memperhatikan waktu memasak untuk setiap jenis makanan tertentu. Anda harus memasak dengan waktu yang ditentukan. Alasannya, jika Anda terlalu lama memasak makanan, maka kemungkinan besar makanan akan menjadi lunak seperti bubur.

Biarkan uapnya habis

Saat memasak, Anda tidak membuka tutupnya sampai tekanan dari panci terlepas. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, yaitu melepaskan panci dengan cara alami, yaitu untuk mengangkat panci presto dari kompor, lalu biarkan panci mendingin. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah, buka katup pengaman sampai uapnya habis. Hanya dengan begitu Anda bisa membuka tutup panci.

Saat menggunakan panci presto untuk memasak, hasil yang didapat bisa bervariasi. Ini didasarkan pada kualitas panci presto yang digunakan. Untuk memberikan hasil yang baik, Anda harus menggunakan panci yang memiliki kualitas yang baik juga.


Cara Menggunakan Panci Presto


Cara menggunakan panci presto yang aman

Jika Anda seorang wanita karir yang sibuk, tidak punya banyak waktu untuk memasak, maka diperlukan peralatan memasak yang praktis dan serbaguna di dapur untuk menghemat waktu. Dengan panci presto, Anda akan terasa sangat terbantu saat memasak daging.

Memang sangat lama waktu yang diperlukan untuk memasak sehingga daging bisa empuk dan bumbu meresap tanpa memakai panci presto. Meski begitu, menggunakan panci presto tidak bisa sembarangan. Jika salah memakainya, maka panci bisa rusak dan bahkan menyebabkan kecelakaan.

Nah, bagi Anda yang masih baru menggunakan panci presto atau untuk pertama kalinya, Anda harus mengikuti tips bagaimana cara menggunakan panci presto di bawah ini sehingga Anda dapat tetap menggunakannya dengan aman.

Periksa kondisi panci sebelum menggunakannya

Sebelum digunakan, Anda harus terlebih dahulu memeriksa kondisi panci presto. Pastikan panci benar-benar bersih. karena ada sedikit kotoran saja yang menghambat tutup panci presto sehingga tidak tertutup rapat, maka tekanan akan berkurang. Juga pastikan kondisi paking atau cincin karet juga tidak kering, pecah-pecah, atau rapuh, karena dapat mempengaruhi tekanan pada panci Anda.

Bumbui daging sebelum memasak

Meskipun panci presto berfungsi untuk melembutkan daging, tidak ada salahnya jika Anda sekaligus membumbui dagingnya. Selain rasa daging yang tidak hambar, bahan-bahan yang dimasak di dalam panci juga akan meresap ke dalam daging dengan sempurna, sehingga rasanya akan jauh lebih gurih.

Isi panci dengan air dan daging yang cukup

Salah satu kesalahan paling umum ketika menggunakan panci presto adalah mengisi wajan sampai penuh padahal hal ini tidak bagus. Sebagai gantinya, isi panci dengan air dan daging setengahnya sehingga tekanan dalam panci tidak berkurang dan daging matang secara merata. Mengisi panci secukupnya juga akan menghindari kerusakan pada panci karena bekerja terlalu keras.

Matikan panas saat panci terdengar

Salah satu ciri dari panci presto adalah bahwa ada suara keras dihasilkan ketika tekanan uap tinggi. Maka ketika panci Anda telah berbunyi, Anda harus mengurangi panasnya api untuk menghemat gas. Karena ketika panci telah berbunyi, uap secara otomatis sudah tinggi, sehingga ukuran api tidak akan mempengaruhi tingkat kematangan daging. Jika Anda ingin menggunakan api besar, gunakan hanya ketika Anda mulai memasak.

Jangan membuka wajan sampai semua uap dalam panci keluar

Meskipun kedengarannya sepele, jangan pernah mengabaikan poin terakhir ini. Setelah mematikan kompor, usahakan jangan secara langsung membuka tutup panci, karena uap dalam panci masih tinggi sehingga jika tutup panci dibuka secara paksa, maka uap akan terdorong keluar dan tidak menutup kemungkinan uap tinggi akan menyakiti kita.

Jadi untuk menghindari kecelakaan, maka ide yang baik untuk membiarkan semua uap dalam panci keluar dengan sendirinya. Hanya dengan begitu Anda dapat membuka tutupnya dengan aman tanpa takut terkena uap.

Setelah mengetahui cara di atas, sekarang Anda tidak perlu takut lagi saat menggunakan panci presto. Hidangan daging lembut dapat disajikan dengan cepat di meja makan rumah Anda.

Itulah cara menggunakan panci presto berbagai merk, baik itu merk oxone, happy call, signora, maxim, baik itu panci yang muat 8 liter, 12 liter dan lainnya, baik untuk pepes ataupun lainnya. Mungkin nanti akan Saya tambahkan pula video cara menggunakan panci presto maxim, bagaimana cara memasak nasi dengan panci presto atau ngasih solusi bagaimana cara membuka tutup panci presto yang terkunci.

Baca juga :
video cara menggunakan panci presto maxim
cara mengukus dengan panci presto
cara mengatasi panci presto yg tidak berputar

Sumber :
https://resepkoki.id/5-tips-menggunakan-panci-presto-yang-tepat-dan-aman/
https://selerasa.com/tips-menggunakan-panci-presto-yang-baik-dan-benar


Back To Top