Cara Merebus Daging Sapi Agar Cepat Empuk Tanpa Presto


Ada beberapa teknik atau cara merebus daging sapi agar cepat empuk tanpa presto, khususnya bagi Sobat yang tidak punya panci presto. Menurut Hai Bunda, ada 3 cara yang bisa Sobat paraktekkan yakni :

Teknik merendam daging

Teknik perendaman dengan beberapa bahan dipercaya dapat membuat daging empuk. Umpamanya merendam daging dengan buah-buahan seumpama pepaya, pir, kiwi, dan nanas. Buah-buahan ini mengandung enzim protease yang dapat memecah protein dalam daging.

Misalnya, nanas mengandung enzim bromelain yang bisa membuat daging empuk. Bromelain pada nanas merupakan enzim yang dapat menjadi anti-inflamasi. Bromelain juga dapat memecah protein, sehingga sangat cocok untuk membuat daging empuk.

Caranya, cukup parut dan tumbuk buah nanas. Kemudian lapisi daging dengan nanas dan diamkan selama 2 hingga 3 jam sebelum daging dimasak.

Cara merebus daging 5-30 7

Teknik 5-30-7 ini diyakini mampu membuat daging empuk, menghemat waktu pemasakan, dan menggunakan gas elpiji. Teknik ini dilakukan dengan merebus daging selama 5 menit dengan panci tertutup. Sesudah 5 kira-kira menitan, kemudian kompor dimatikan dan diamkan kurang lebih selama setengah jam. Setelah itu rebus kembali selama 7 menit agar daging matang sempurna.

Teknik memasak 5-30-7 dapat digunakan untuk memasak beberapa jenis makanan selain daging. Misalnya memasak kacang hijau, bubur nasi, singkong, ubi, dan lontong. Kunci dari teknik 5-30-7 bukanlah membuka tutupnya sampai juru masak selesai.

Kalau di Fimela, disebutnya teknik 5-30-10-30. Bagaimana caranya ? Setelah dicuci bersih, potong daging sesuai selera. Pukul-pukul sebentar untuk memecah serat. Tidak perlu waktu lama jika Anda tidak ingin dagingnya hancur.

Lalu rebus setengah panci air atau secukupnya sampai daging tenggelam dan panci dalam keadaan tertutup. Tambahkan daging sapi dan dua lembar daun salam untuk membantu menghilangkan baunya. Tutup panci dan masak hingga mendidih. Rebus selama 5 menit, lalu matikan api.

Setelah itu diamkan selama 30 menit. Nyalakan kembali api dan rebus selama 10 menit, kemudian matikan api lagi. Diamkan selama 30 menit lagi.

Jangan pernah membuka tutup panci selama merebus, karena ini akan membuat wajan tetap panas dan membantu daging cepat empuk. Setelah didiamkan selama 30 menit terakhir, buka saja dan periksa tingkat keempukan dagingnya. Jika tidak empuk, bisa direbus selama 10 menit lagi.

Teknik Sous Vide

Teknik Sous Vide adalah cara memasak daging yang sehat agar empuk. Teknik ini melibatkan membungkus daging dalam kantong plastik kedap suara dan merendamnya dalam air bersuhu rendah.

Tingkat kelembutan daging menyesuaikan dengan suhu air. Cara ini sering dipakai buat memasak steak daging, ikan dan ayam. Perkiraan waktu perendaman juga tergantung pada jenis daging yang ingin Anda masak.

Daging yang dibungkus plastik umumnya dicampur dengan bumbu kayak minyak zaitun, lemon, dan bawang putih.

Sementara itu Kumparan, menambahkan trik lain untuk melembutkan daging tanpa presto yakni :

Menggunakan daun pepaya

Siapa sangka ternyata daun pepaya ini ampuh untuk melunakkan daging. Caranya lumayan gampang yakni dengan membungkus daging dengan memakai daun pepaya. Sesudah itu, simpan daging semalaman di lemari es.

Cara Merebus Daging Sapi Agar Cepat Empuk Tanpa Presto

Menggunakan nanas

Buah kuning yang kaya vitamin C ini paling banyak digunakan untuk memasak daging. Karena rasa asam yang terkandung pada nanas, efektif untuk mempercepat proses pemasakan daging. Selain membuat daging lebih cepat empuk, memasak dengan nanas juga memperkaya cita rasa masakan.

Melapisi daging dengan jahe

Jahe memang terkenal bisa menghangatkan badan, namun tahukah anda ternyata jahe juga efektif untuk melunakkan daging. Hal ini dikarenakan enzim proteolitik alami yang terdapat pada jahe mengurangi pengikatan protein pada daging sehingga daging menjadi lebih cepat empuk.

Caranya cukup mudah yaitu parut jahe dan lapisi daging selama kurang lebih 30 menit. Kemudian dagingnya siap untuk dimasak.

Merendam daging dalam air teh

Hampir setiap pagi kita minum teh hangat, tapi tahukah Anda kalau teh bisa digunakan untuk membuat daging lebih cepat empuk. Hal ini disebabkan adanya tanin dalam teh yang berfungsi sebagai senyawa alami. Caranya cukup mudah yaitu merendam daging dalam teh pekat selama 30 menit. Kemudian dagingnya siap diolah menjadi makanan favorit keluarga.

Menggunakan baking soda

Soda kue atau baking soda yang biasa kita gunakan untuk membuat kue ternyata bisa membuat daging cepat empuk. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan soda kue ke dalam bumbu dan membiarkannya semalaman.

Demikian yang bisa Saya sampaikan seputar cara merebus dan memasak daging sapi atau kaki sapi atau tetelan biar cepat empuk dan lunak tidak alot tanpa presto.



BACA JUGA : 6 Rekomendasi Panci Presto


Tag : tanpa presto
Back To Top