Cara Memasak Daging dengan Panci Presto Oxone


Keuntungan utama memasak daging dengan panci presto adalah daging jauh lebih lekas empuk sehingga tempo masak dapat dikurangi sampai 60 menit. Kini dengan tersedianya panci presto, memasak rendang tak memakan waktu daripada saat memakai panci biasa.

Tetapi faktanya, dibalik kelebihannya itu terdapat kekurangan yang akhirnya menjadi alasan banyak orang buat tidak ingin lagi memasak daging atau ikan memakai panci presto. Kekurangan yang paling real adalah pada rasa dagingnya yang hambar atau 'sepo/anyep' menurut orang Jawa.

Sesudah melalui rangkaian uji coba, akhirnya ditemukan cara paling memuaskan memasak daging menggunakan panci presto. Caranya, panci presto cuma dipakai pada langkah akhir memasak atau dipakai pada tahap pelunakan.

Proses sebelumnya yakni penumisan bumbu, peresapan bumbu (ungkep), sampai penuangan santan, diproses memakai wajan. Sesudah sekitar 45 menit atau setelah bumbu benar-benar meresap ke dalam daging, barulah daging beserta kuahnya dipindahkan ke panci presto.

Masak lagi kurang lebih 30 menit. Setelah api dimatikan, diamkan presto hingga tekanannya betul-betul habis. Silahkan cek hasilnya. Karena bumbu sudah diresapkan ke daging sebelum dimasukkan ke presto, maka pemasakan daging di presto hanya berefek pada testurnya.

 

Cara Masak Daging Pake Panci Presto

Pertama, masukkan daging yang sudah berbumbu ke dalam panci. Tambahkan air  sampai daging terendam. Tambahkan air sampai setinggi 2/3 bagian panci. Masak dengan api besar sampai terdengar desis.

Kecilkan api dan diamkan sampai matang. Matikan kompor. Tunggu sekitar 15 menit supaya tekanan di dalam panci turun.

Oh ya, panci presto tersedia juga dengan yang menggunakan listrik juga lho. Tentu cara kerjanya tidaklah sama.  Yakinkan untuk membaca panduan manualnya secara seksama agar bisa sukses memasak daging dengan panci presto.

Sumber : mufidbtm.blogspot.com/2011/11/cara-memasak-daging-dengan-panci-presto.html, https://www.mondasiregar.com/tips-memasak-ketupat-dan-daging-dengan-panci-presto/,

BACA JUGA : 6 Rekomendasi Panci Presto


Back To Top