Cara Masak Daging Pakai Panci Presto


Kelebihan utama memasak daging dengan panci presto ialah daging jauh lebih lekas empuk sehingga tempo masak dapat diminimalisir sampai 60%. Jika lazimnya diperlukan  waktu 3 jam untuk memasak daging sampai empuk, dengan panci presto hanya dibutuhkan waktu kurang dari satu jam.

Namun faktanya, dibalik keuntungannya tersebut ada kekurangan yang akhirnya menjadi alasan banyak orang untuk tidak mau lagi memasak daging atau ikan menggunakan panci presto. Kekurangan yang paling nyata ialah pada rasa dagingnya yang hambar atau 'sepo/anyep' kata orang Jawa.

Sesudah melewati rangkaian uji coba, akhirnya ditemukan cara paling memuaskan memasak daging memakai panci presto. Caranya, panci presto hanya digunakan pada langkah akhir memasak atau digunakan pada tahap pengempukan.

Proses sebelumnya yaitu penumisan bumbu, peresapan bumbu (ungkep), sampai penuangan santan, diproses memakai wajan. Setelah kurang lebih 45 menit atau setelah bumbu benar-benar meresap ke dalam daging, barulah daging beserta kuahnya dipindahkan ke panci presto.

Masak lagi sekitar 30 menit. Sesudah api dimatikan, diamkan presto sampai tekanannya betul-betul habis. Silahkan cek hasilnya. Disebabkan bumbu sudah diresapkan ke daging sebelum dimasukkan ke presto, maka pemasakan daging di presto hanya berefek pada testurnya.

 

Cara Memasak Daging Sapi Memakai Panci Presto

Pertama, masukkan daging yang telah berbumbu ke dalam panci. Tambahkan air  sampai daging terendam. Masukkan air hingga setinggi 2/3 bagian panci. Masak dengan api besar hingga terdengar desis.

Kecilkan api dan diamkan sampai matang. Matikan kompor. Tunggu sekitar 15 menit supaya tekanan di dalam panci turun.

Oh ya, panci presto ada yang menggunakan listrik juga lho. Tentu cara kerjanya agak berbeda.  Pastikan untuk mengetahui panduan manualnya dengan seksama supaya dapat sukses memasak daging dengan panci presto.

Sumber : mufidbtm.blogspot.com/2011/11/cara-memasak-daging-dengan-panci-presto.html, https://www.mondasiregar.com/tips-memasak-ketupat-dan-daging-dengan-panci-presto/,

BACA JUGA : 6 Rekomendasi Panci Presto


Back To Top