Cara Menghilangkan Bekas Gosong di Panci


Cara menghilangkan bekas gosong di panci - Untuk wajan yang sudah terkelupas karena gosong sebaiknya jangan digunakan lagi. Namun, jika wajan masih bisa digunakan, jangan lupa untuk membersihkan panci atau panci secara menyeluruh dari sisa makanan gosong.

Wajan gosong ternyata mengandung akrilamida yang dapat memicu penyakit kanker. Hal sederhana yang ternyata berbahaya. Oleh karena itu, bersihkan bekas gosong di wajan hingga benar-benar bersih.

Bagaimana caranya? Sobat bisa menggunakan cuka masak dan spons pencuci piring. Tuangkan cuka ke atas noda gosong di wajan. Setelah itu, gosok dengan spons pencuci piring dengan bagian yang berwarna hijau pada bagian gosong.

Cara Membersihkan Panci Gosong dengan Baking Soda

Cara lain yang bisa digunakan adalah menggunakan cuka dan soda kue. Isi wajan atau panci dengan air sampai dasarnya tertutup. Tambahkan satu cangkir cuka. Didihkan larutan ini, lalu angkat.

Tambahkan 2 sendok makan baking soda dan diamkan selama beberapa menit sampai terdengar suara mendesis. Cuci wajan dan gunakan spons pencuci piring untuk menggosok sisa makanan gosong.

Membersihkan Wajan Gosong dengan Air Panas

Metode pembersihan panci gosong ini cocok untuk panci stainless steel atau panci enamel. Untuk menghilangkan kerak gosong, Anda hanya perlu menggunakan air panas. Bagaimana caranya?

Pertama, panaskan panci atau panci gosong di atas kompor selama beberapa menit. Saat wajan sudah cukup panas, basuh perlahan area yang berkerak dengan air panas sampai Anda mendengar suara mendesis.

Saat itu, Anda bisa mengoleskan sedikit sabun cuci ke permukaan panci atau panci gosong. Anda bisa membersihkan bagian yang gosong dari wajan dengan menggunakan sendok kayu atau spatula nilon untuk mengikis kulit yang gosong.

Ingat, metode pembersihan wajan gosong ini hanya berlaku untuk peralatan masak berbahan stainless steel atau enamel. Tidak cocok untuk panci antilengket atau peralatan masak teflon.

Cara Membersihkan Panci Gosong dengan Garam

Kita harus berhati-hati saat membersihkan wajan yang gosong, terutama untuk peralatan masak berbahan teflon. Seringkali, ketika kita melihat kerak gosong di atas wajan, kita ingin segera membersihkan kerak dengan pisau atau sendok.

Nyatanya, cara ini hanya akan merusak panci dan membuatnya tidak bisa digunakan. Cara membersihkan wajan yang gosong dengan benar bisa menggunakan garam. Caranya terlebih dahulu rendam panci dalam air panas beberapa saat.

Nah, jika kerak wajan gosong ada di dalam, gunakan garam dan air dingin untuk merendamnya. Biarkan semalaman, dan bilas dengan air panas keesokan harinya. Cara ini akan menghilangkan kerak gosong di wajan atau panci.

Membersihkan Wajan Gosong dengan Cuka

Apakah kamu sudah tahu Cuka yang kita kenal sebagai pelengkap makanan sebenarnya mengandung asam asetat yang berfungsi untuk menghilangkan kerak gosong pada panci dan wajan serta peralatan masak lainnya.

Cara menghilangkan kerak gosong dengan cuka sangat mudah. Setelah wajan dipanaskan, cukup tuangkan cuka ke atas area kerak dan tunggu beberapa menit hingga asam mulai bekerja.

Setelah beberapa menit, cuci panci gosong menggunakan spons busa atau mesin pencuci piring tembaga biasa. Atau, Anda bisa mengikis sisa kulit gosong dengan spatula kayu secara perlahan.

Cara Menghilangkan Bekas Gosong di Panci

Cara Memersihkan Panci Gosong dengan Coca Cola

Cara menghilangkan kerak wajan gosong ini unik, karena menggunakan minuman ringan Coca Cola. Minuman coca cola yang satu ini menjadi favorit banyak orang, dan ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan gosong pada panci.

Cara membersihkan wajan gosong dengan Coca Cola sangatlah mudah, yaitu dengan menuangkan sekaleng Coca Cola ke dalam panci gosong lalu memanaskannya di atas kompor.

Setelah mendidih, kocok perlahan agar Coca Cola membilas bagian wajan gosong. Noda dan kerak akan hilang dengan sendirinya, sehingga peralatan masak Anda akan terlihat mengkilap seperti baru.

Membersihkan Panci dan Wajan Gosong dengan Jeruk Nipis

Jika Anda sudah cukup familiar dengan sabun cuci piring dengan ekstrak jeruk nipis, maka cara menghilangkan bekas gosong pada wajan yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi Anda. Anda bisa menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan noda gosong pada peralatan masak.

Cara membersihkannya adalah dengan memanaskan air hingga mendidih dan merendam panci gosong di dalamnya. Tambahkan cairan pencuci piring dan air jeruk nipis ke dalam air rendaman dan biarkan selama beberapa jam atau semalaman sebelum digosok hingga bersih.

Membersihkan Wajan Gosong dengan Minyak Sayur

Masih dengan bahan dapur, Anda bisa menggunakan minyak sayur untuk membersihkan wajan yang gosong. Minyak sayur yang biasa digunakan untuk menggoreng juga bisa digunakan untuk menghilangkan kerak gosong pada alat masak.

Pertama, Anda harus mengoleskan minyak sayur secara merata ke panci dan wajan gosong. Setelah didiamkan selama beberapa jam untuk menunggu kulit gosong melunak, kemudian cuci wajan atau panci gosong dengan cairan pencuci piring biasa dan spons busa.

Demikianlah beberapa cara dalam membersihkan panci gosong serta bekasnya. Trik di atas bisa menjadi cara membersihkan panci gosong bagianluar dan juga bagian dalamnya, juga bisa dicoba sebagai salah satu cara membersihkan panci teflon gosong.

Sumber : https://www.haibunda.com/moms-life/20190501074506-76-39896/cara-menghilangkan-bekas-gosong-pada-wajan-atau-panci,



BACA JUGA : 6 Rekomendasi Panci Presto


Tag : Gosong di Panci
Back To Top