Cara Membersihkan Panci Gosong Bagian Dalam


Ada kalanya ketika kita sedang merebus sesuatu, kita terkadang lupa, sampai-sampai apa yang sedang kita rebus tiba-tiba memunculkan bau kebakaran. Dan benar saja, air rebusannya habis serta apa yang kita rebus berubah menjadi hitam. Masih untuk jika tak terjadi kebakaran, hanya wadah saja yang berubah menjadi berwarna pekat. Lalu bagaimana cara membersihkan panci gosong bagian dalam tersebut ?

Menurut 99, ada banyak cara yang bisa kita coba agar panci gosong bisa berubah kembali menjadi mengkilat walaupun tak seperti mengkilat di awal.

Membersihkan panci dengan air panas

Metode pembersihan panci gosong ini cocok untuk panci stainless steel atau panci enamel. Untuk menghilangkan kerak gosong, Anda hanya perlu menggunakan air panas. Bagaimana caranya?

Panaskan panci yang gosong tadi di atas kompor selama beberapa menit saja. Ketika panci telah cukup panas, basuh perlahan area yang berkerak dengan air panas sampai Anda mendengar suara mendesis.

Saat itu, Anda bisa mengoleskan sedikit sabun cuci ke permukaan panci atau wajan gosong. Sobat dapat membersihkan panci bagian yang gosong dengan memakai sendok kayu atau spatula nilon untuk mengikis kulit yang gosong.

Cara pembersihan panci gosong ini cuma bisa dipakai untuk peralatan masak yang terbuat dari stainless steel atau enamel. Tidak cocok untuk panci antilengket atau peralatan masak Teflon.

Cara membersihkan panci gosong dengan garam

Kita harus berhati-hati saat membersihkan wajan yang gosong, terutama untuk peralatan masak berbahan teflon. Seringkali, ketika kita melihat gosong gosong di wajan, kita ingin segera membersihkannya dengan pisau atau sendok.

Nyatanya, cara ini hanya akan merusak panci dan membuatnya tidak bisa digunakan. Cara membersihkan wajan yang gosong dengan benar bisa menggunakan garam. Caranya terlebih dahulu rendam panci dalam air panas beberapa saat.

Jika kerak wajan gosong ada di dalam, gunakan garam dan air dingin untuk merendamnya. Biarkan semalaman, dan bilas dengan air panas keesokan harinya. Cara ini akan menghilangkan kerak gosong di wajan.

Membersihkan panci gosong dengan soda kue

Selanjutnya adalah cara membersihkan panci dan wajan yang gosong dengan bantuan soda kue. Jika kebetulan ada baking soda di dapur, jangan disia-siakan karena bahan kue ini bisa menjadi solusi untuk wajan yang gosong atau berkerak.

Soda kue terkenal dan sangat populer karena fungsinya yang serbaguna. Disamping dapat dipakai buat membersihkan setrika gosong, soda kue pun bisa dipakai buat membersihkan wajan gosong.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mencampurkan soda kue dengan air lalu mengoleskannya pada panci dan wajan gosong. Untuk hasil yang maksimal, diamkan selama beberapa jam. Setelah itu, bersihkan bagian dalam panci dan wajan gosong seperti biasa.

Cara membersihkan panci gosong dengan cuka

Apa kamu sudah tahu Cuka yang kita kenal sebagai pelengkap makanan sebenarnya mengandung asam asetat yang berfungsi untuk menghilangkan kerak gosong pada panci dan wajan serta peralatan masak lainnya.

Cara menghilangkan kerak gosong dengan cuka sangat mudah. Setelah wajan memanas, cukup tuangkan cuka ke atas area kerak dan tunggu beberapa menit hingga asam mulai bekerja.

Sesudah beberapa menit, cuci panci gosong dengan memakai spons busa atau mesin pencuci piring tembaga biasa. Atau, Anda bisa mengikis sisa kulit gosong dengan spatula kayu secara perlahan.

Cara membersihkan panci gosong dengan coca cola

Cara menghilangkan timbangan wajan gosong ini unik karena menggunakan minuman ringan Cola. Minuman cola yang menjadi favorit banyak orang ini ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan kerak gosong di dalam panci atau wajan.

Cara membersihkan wajan gosong dengan Cola sangatlah mudah, yaitu dengan menuangkan sekaleng Cola ke dalam panci atau wajan gosong lalu memanaskannya di atas kompor.

Setelah mendidih, goyangkan wajan secara perlahan agar Cola membilas semua bagian wajan yang gosong. Noda dan kerak akan hilang dengan sendirinya, sehingga peralatan masak Anda akan terlihat mengkilap seperti baru.

Cara Membersihkan Panci Gosong Bagian Dalam

Membersihkan panci dan wajan gosong dengan jeruk nipis

Jika Anda sudah familiar dengan sabun cuci piring dengan ekstrak jeruk nipis, maka cara menghilangkan bekas gosong pada panci yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi Anda. Anda bisa menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan noda gosong pada peralatan masak.

Cara membersihkannya ialah dengan memanaskan air sampai mendidih lalu merendam panci gosong tersebut di dalamnya. Tambahkan cairan pencuci piring dan air jeruk nipis ke dalam air rendaman dan biarkan selama beberapa jam atau semalaman sebelum digosok hingga bersih.

Membersihkan wajan gosong dengan minyak sayur

Masih dengan bahan dapur, Anda bisa menggunakan minyak sayur untuk membersihkan wajan yang gosong. Minyak sayur yang biasa digunakan untuk menggoreng juga bisa digunakan untuk menghilangkan kerak gosong pada alat masak.

Pertama, Anda harus mengoleskan minyak sayur secara merata ke panci dan wajan gosong. Setelah didiamkan selama beberapa jam untuk menunggu kulit gosong melunak, kemudian cuci wajan gosong dengan cairan pencuci piring biasa dan spons busa.

Sementara itu Lemonilo menambahkan 2 cara dalam mengatasi wajan gosong yakni :

Merendam panci dengan air sabun

Caranya adalah dengan mengoleskan sabun cuci piring terlebih dahulu ke panci gosong untuk membantu proses menghilangkan noda lebih cepat. Kemudian rendam panci gosong dalam air mendidih selama beberapa jam atau bahkan semalaman.

Setelah direndam, angkat air rendaman dan alirkan air hangat ke atas permukaan panci. Gosok panci gosong menggunakan scrub nilon untuk menghilangkan noda sisik yang membandel.

Menggunakan lembar pengering (dryer sheet) sebagai scrubber

Anda juga dapat menggunakan lembaran pengering untuk menghilangkan noda gosong yang menempel pada panci atau wajan yang telah digunakan untuk memasak.

Caranya sangat mudah, rendam wajan menggunakan air hangat, lalu letakkan loyang pengering di bagian bawah wajan. Setelah itu, biarkan beberapa jam agar lembaran pengering ini mengendur dan bisa digunakan sebagai scrub untuk membersihkan noda bersisik.

Demikian yang bisa Saya sampaikan seputar cara menghilangkan gosong pada panci stainless, panci teflon gosong, panci gosong bagian luar sekaligus cara menghilangkan bau gosong pada panci.



BACA JUGA : 6 Rekomendasi Panci Presto


Back To Top