Cara Memasak Daging Kambing dengan Panci Presto


Keutamaan utama memasak daging dengan panci presto ialah daging akan lebih lekas empuk sehingga waktu masak dapat diminimalisir sampai 60%. Jika biasanya dibutuhkan  tempo 3 jam buat memasak daging hingga empuk, dengan panci presto hanya diperlukan tempo kurang dari satu jam.

Tetapi faktanya, dibalik keuntungannya itu ada kekurangan yang akhirnya menjadi alasan banyak orang buat tidak mau lagi memasak daging atau ikan memakai panci bertekanan. Kekurangan yang paling nyata adalah pada rasa dagingnya yang hambar atau 'sepo/anyep' kata orang Jawa.

Setelah melewati rangkaian percobaan, akhirnya ditemukan cara paling memuaskan memasak daging memakai panci presto. Caranya, panci presto cuma dipakai pada langkah akhir memasak atau digunakan pada tahap pengempukan.

Tahap – tahap sebelumnya yaitu penumisan bumbu, peresapan bumbu (ungkep), sampai penuangan santan, diproses memakai wajan. Setelah kurang lebih 45 menit atau setelah bumbu betul-betul meresap ke dalam daging, barulah daging beserta kuahnya dipindahkan ke panci presto.

Masak lagi sekitar 30 menit. Setelah api dimatikan, biarkan presto sampai tekanannya benar-benar habis. Silahkan cek hasilnya. Disebabkan bumbu telah diresapkan ke daging sebelum dimasukkan ke presto, maka pemasakan daging di presto cuma berakibat pada testurnya.

 

Memasak Daging dengan Panci Presto

Pertama, masukkan daging yang sudah berbumbu ke dalam panci. Masukkan air  sampai daging terendam. Tambahkan air hingga setinggi 2/3 bagian panci. Masak dengan api besar sampai terdengar desis.

Kecilkan api dan diamkan sampai matang. Matikan kompor. Tunggu kurang lebih 15 menit supaya tekanan di dalam panci turun.

Oh ya, panci presto ada yang menggunakan listrik juga lho. Tentu cara kerjanya tidaklah sama.  Yakinkan untuk membaca panduan manualnya dengan seksama supaya dapat sukses memasak daging dengan panci presto.

Sumber : mufidbtm.blogspot.com/2011/11/cara-memasak-daging-dengan-panci-presto.html, https://www.mondasiregar.com/tips-memasak-ketupat-dan-daging-dengan-panci-presto/,

BACA JUGA : 6 Rekomendasi Panci Presto


Back To Top