Cara Masak Semur Daging dengan Panci Presto


Kelebihan utama memasak daging dengan panci presto ialah daging bisa lebih cepat empuk sesampai tempo masak bisa dikurangi hingga 60%. Jika biasanya dibutuhkan  tempo 3 jam buat memasak daging sampai empuk, dengan panci presto cuma dibutuhkan waktu kurang dari satu jam.

Tetapi ternyata, dibalik keuntungannya itu ada kekurangan yang akhirnya menjadi alasan banyak orang buat tidak mau lagi memasak daging atau ikan menggunakan panci bertekanan. Kekurangan yang paling nyata ialah pada rasa dagingnya yang hambar atau 'sepo/anyep' menurut orang Jawa.

Setelah melalui rangkaian percobaan, akhirnya didapatkan cara paling memuaskan memasak daging memakai panci presto. Caranya, panci presto cuma digunakan pada langkah akhir memasak atau dipakai pada tahap pengempukan.

Langkah sebelumnya yaitu penumisan bumbu, peresapan bumbu (ungkep), hingga penuangan santan, diproses menggunakan wajan. Sesudah sekitar 45 menit atau sesudah bumbu benar-benar meresap ke dalam daging, barulah daging beserta kuahnya dipindahkan ke panci presto.

Masak lagi kira-kira 30 menit. Sesudah api dimatikan, biarkan presto hingga tekanannya betul-betul habis. Silahkan cek hasilnya. Karena bumbu sudah diresapkan ke daging sebelum dimasukkan ke presto, maka pemasakan daging di presto hanya berefek pada testurnya.

 

Masak Daging dengan Panci Presto

Pertama, masukkan daging yang sudah berbumbu ke dalam panci. Masukkan air  sampai daging terendam. Tambahkan air hingga setinggi 2/3 bagian panci. Masak dengan api maksimal hingga terdengar desis.

Kecilkan api dan biarkan sampai matang. Matikan kompor. Tunggu kurang lebih 15 menit agar tekanan di dalam panci turun.

Oh ya, panci presto tersedia juga dengan yang memakai listrik juga lho. Tentu prinsip kerjanya agak berbeda.  Yakinkan untuk mengetahui panduan manualnya secara seksama agar dapat sukses memasak daging dengan panci presto.

Sumber : mufidbtm.blogspot.com/2011/11/cara-memasak-daging-dengan-panci-presto.html, https://www.mondasiregar.com/tips-memasak-ketupat-dan-daging-dengan-panci-presto/,

BACA JUGA : 6 Rekomendasi Panci Presto


Back To Top