Cara Memasak Daging Sapi dengan Panci Presto


Kelebihan utama memasak daging dengan panci presto adalah daging jauh lebih cepat empuk sesampai tempo masak bisa dikurangi sampai 60%. Jika biasanya dibutuhkan  waktu 3 jam untuk memasak daging hingga empuk, dengan panci presto hanya dibutuhkan waktu kurang dari satu jam.

Tetapi ternyata, dibalik keuntungannya itu terdapat kekurangan yang akhirnya menjadi alasan banyak orang untuk tidak ingin lagi memasak daging atau ikan menggunakan panci bertekanan. Kekurangan yang paling real ialah pada rasa dagingnya yang hambar atau 'sepo/anyep' menurut orang Jawa.

Setelah melalui rangkaian tes, akhirnya didapatkan cara paling memuaskan memasak daging menggunakan panci presto. Caranya, panci presto hanya digunakan pada langkah akhir memasak atau digunakan pada tahap pengempukan.

Tahap – tahap sebelumnya yaitu penumisan bumbu, peresapan bumbu (ungkep), sampai penuangan santan, diproses memakai wajan. Sesudah kira-kira 45 menit atau sesudah bumbu betul-betul meresap ke dalam daging, barulah daging dan kuahnya dipindahkan ke panci presto.

Masak lagi kira-kira 30 menit. Sesudah api dimatikan, biarkan presto hingga tekanannya betul-betul habis. Silahkan cek hasilnya. Disebabkan bumbu sudah diresapkan ke daging sebelum dimasukkan ke presto, maka pemasakan daging di presto cuma berakibat pada testurnya.

 

Cara Memasak Daging Sapi Memakai Panci Presto

Pertama, masukkan daging yang telah berbumbu ke dalam panci. Masukkan air  hingga daging terendam. Tambahkan air hingga setinggi 2/3 bagian panci. Masak dengan api besar hingga terdengar desis.

Kecilkan api dan diamkan sampai matang. Matikan kompor. Tunggu sekitar 15 menit supaya tekanan di dalam panci turun.

Oh ya, panci presto tersedia juga dengan yang menggunakan listrik juga lho. Tentu cara kerjanya tidaklah sama.  Pastikan untuk mengetahui panduan manualnya secara seksama supaya bisa sukses memasak daging dengan panci presto.

Sumber : mufidbtm.blogspot.com/2011/11/cara-memasak-daging-dengan-panci-presto.html, https://www.mondasiregar.com/tips-memasak-ketupat-dan-daging-dengan-panci-presto/,

BACA JUGA : 6 Rekomendasi Panci Presto


Back To Top