Cara Memasak Daging Sapi Biar Empuk


Suka hidangan berbahan dasar daging? Namun, selalu sulit untuk memasaknya, karena dagingnya sulit lunak? Coba saja beberapa tips dan cara memasak daging sapi biar empuk di bawah ini, dijamin proses memasak masakan berbahan dasar daging menjadi lebih menyenangkan dan waktu memasak bisa dipersingkat, tidak sampai 2 - 3 jam.

Saya tidak bisa membayangkan berapa banyak gas untuk kompor yang harus digunakan. Tetapi, jika Anda tahu tekniknya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar dagingnya empuk dengan cepat dan memasak otomatis menjadi lebih cepat.

Itu sebabnya, banyak orang menghindari memasak daging saat membuat hidangan praktis. Lalu apa saja tipsnya ?

Potong melintang
Kunci utama untuk membuat daging cepat empuk ketika dimasak terletak pada cara kita memotongnya. Potong daging dengan arah yang berlawanan dengan serat atau melintang. Fungsinya untuk menghambat menyatunya serat daging saat dimasak, sehingga dagingnya bisa lebih empuk.

Cara Memasak Daging Sapi Biar Empuk

Ubah bentuknya
Mengubah bentuk daging adalah cara cepat untuk membuat daging lebih cepat empuk saat dimasak. Alih-alih memasak dalam bentuk potongan-potongan tebal, lebih baik hanya mengiris atau memotong daging.

Daging tipis dan berukuran kecil lebih cepat dimasak dan empuk. Bumbu juga lebih mudah diserap tanpa perlu memasak terlalu lama.

Dipukul-pukul
Cara memeras daging dengan menggedor daging adalah hal biasa. Metode ini mampu mengendurkan otot-otot daging sapi. Dengan bantuan pemukul daging, pukullah kedua sisi daging sampai teksturnya menjadi lebih lembut. Untuk alat pemukul, Anda dapat menggunakan palu atau tangan kosong.

Jangan lupa gunakan talenan sebagai alas, agar dagingnya tidak bergeser saat dipukul. Dan, jangan memukulnya terlalu kencang, sehingga sarinya keluar.

Bungkus dengan daun pepaya
Daging juga dapat diempukkan dengan membungkusnya menggunakan daun pepaya, selama sekitar 30 menit, sebelum mulai memasak. Namun daun pepaya tersebut sebaiknya diremas dahulu sampai getahnya keluar.

Atau bisa juga, daun pepaya dipotong kasar dan dihancurkan, kemudian dioleskan ke seluruh permukaan daging. Diamkan selama 10 menit, lalu bersihkan dan mulailah memasak. Kandungan papain dalam daun pepaya selalu berhasil mengempukkan daging.

Metode ini cocok untuk daging yang akan diolah menjadi sate dan steak. Selain daun pepaya muda, buah pepaya juga dipercaya bisa mengempukkan daging, metodenya rebus pepaya bersamaan dengan dagingnya.

Balur dengan parutan nanas
Selain daun pepaya, nanas muda juga bisa digunakan untuk mengempukkan daging. Nanas mengandung enzim bromelin yang bekerja pada daging yang sama dengan enzim papain. Enzim ini bisa membuat daging lebih empuk saat diolah.

Cara mengolahnya adalah memasukkan potongan nanas lalu merebusnya dengan daging. Bisa juga dengan memarut nanas kemudian tempelkan pada dagingnya dan diamkan selama kurang lebih 30 - 45 menit. Jangan lebih dari itu, karena akan membuat daging hancur. Metode ini sangat cocok untuk daging yang akan diproses dengan ditumis atau disayur.

Olesi dengan remasan buah kiwi
Kiwi memang salah satu buah yang juga bisa mengempukkan daging. Kiwi mengandung enzim actinidin yang bisa membuat daging menjadi empuk dengan cepat.

Caranya, Anda memeras dan menerapkan buah kiwi yang dihancurkan tadi ke potongan daging yang akan dimasak. Untuk 1 kg daging biasanya diperlukan 1 hingga 1 ½ butir kiwi, dan diamkan selama 30 menit sampai 2 jam sebelum dimasak.

Tutupi dengan kulit pisang
Alternatif lain untuk mengempukkan daging adalah menggunakan kulit pisang. Kandungan bahan aktif alami dalam kulit pisang dapat membantu memecah protein dalam daging, sehingga daging bisa lebih cepat empuk.

Untungnya lagi, selain mengempukkan daging, kulit pisang juga membuat daging olahan tidak kering dan tidak berubah rasanya. Caranya, ambil saja beberapa kulit pisang, lalu tutupi dagingnya dan diamkan selama 30 menit - 1 jam.

Beri cairan bersifat asam
Membumbui daging sapi sebelum dimasak sebenarnya bisa membuat daging sapi lebih empuk, apalagi bumbu yang dipakai, bumbu yang banyak mengandung asam seperti cuka. Bahan inilah yang membuat daging sapi tidak alot.

Cairan yang mengandung asam dapat membantu melembutkan otot dan serat daging, sambil menambahkan rasa. Anda bisa menggunakan jus yang memiliki kandungan asam tinggi seperti lemon, jeruk nipis atau nanas. Untuk cuka, Anda bisa menggunakan cuka apel atau bahkan cuka di dapur.

Rendam dengan baking powder
Trik ini sering digunakan oleh koki profesional. Anda juga bisa mencobanya karena harga baking soda yang biasanya dipakai untuk membuat kue cukup murah. Caranya, taburkan baking soda ke seluruh bagian daging dan diamkan selama satu jam.

Soda kue bekerja dengan memecah kolagen untuk menghasilkan tekstur daging yang lebih lembut. Setelah satu jam, rendam daging dalam air dingin selama 15 menit, lalu siap untuk diproses. Atau bisa juga merendam daging semalaman dalam bumbu yang telah dibubuhi baking powder. Metode ini cocok ketika kita ingin membuat lada hitam atau daging sate.

Luluri dengan jahe
Setiap segmen jahe mengandung enzim proteolitik alami yang dapat berperan dalam mengurangi ikatan protein untuk membuatnya lunak. Caranya adalah melapisi daging dengan jahe parut. Diamkan selama 30 menit sebelum daging diproses untuk dimasak.

Rendam dengan air teh
Kandungan tanin dalam teh dapat bertindak sebagai pengempuk alami. Teh hitam yang warnanya pekat dapat digunakan sebagai air rendaman untuk daging. Waktu perendaman sekitar 30 menit.

Taburkan garam laut
Bahan yang satu ini tidak hanya berguna sebagai bumbu, karena garam juga dapat membantu Anda melunakkan daging sapi dengan cepat.

Caranya, taburkan garam laut di seluruh permukaan daging, diamkan selama kurang lebih satu jam, lalu cuci dengan air bersih dan mulailah memasak seperti biasa. Garam dapat menghancurkan ikatan protein yang ada dalam daging, sehingga dagingnya akan lebih lunak.

Rendam di air kopi
Anda bisa memperkuat rasa daging dan melembutkan tekstur dengan bahan yang satu ini. Cara membuat daging empuk dengan kopi, seduh kopi kental, lalu diamkan sampai dingin.

Selanjutnya, rendam daging dalam air kopi selama 24 jam. Jika sudah, Anda dapat mencuci dan memprosesnya. Selain lebih empuk, daging yang direndam kopi akan memiliki aroma yang lebih enak saat dimasak.

Rendam pakai air cola
Di beberapa negara barat, cola digunakan untuk membumbui daging. Penggunaan cola sebagai bumbu untuk daging sapi akan menciptakan rasa yang unik. Anda bisa mencoba membuktikannya.

Selain menambah rasa, cola juga akan membuat dagingnya empuk. Sebab, cola memiliki kandungan asam yang akan berubah menjadi katalis untuk melunakkan otot-otot daging. Untuk mempraktikkannya, Anda dapat merendam daging dengan cola selama setidaknya 30 menit.

Daun nangka 
Daun nangka bisa membuat daging lebih empuk. Saat merebus daging, tambahkan 3 hingga 7 lembar daun nangka ke dalam rebusan. Rebus daging dan daun nangka bersama-sama sampai daging menjadi empuk.

Tambahkan segenggam beras
Jika bahan untuk mengempukkan daging yang disebutkan di atas tidak tersedia, kita bisa menggunakan beras. Masukkan segenggam beras ke dalam air rebusan daging. Ketika beras sudah hancur bercampur dengan daging, itu berarti dagingnya sudah lunak.

Sesuaikan suhu saat memasak
Daging sapi yang terlalu matang akan membuatnya sulit dikunyah atau alot. Untuk mendapatkan daging yang empuk, masak daging dengan suhu 145 derajat Fahrenheit.

Masak perlahan
Masak daging sapi harus dilakukan scera perlahan sebab daging bisa lebih empuk dan enak jika dimasak perlahan. Tapi hati-hati jangan sampai terlalu lama memasak karena justru membuat daging lebih alot.

Gunakan pressure cooker atau panci presto
Tanpa tambahan apa pun, alat panci presto dapat membuat daging menjadi empuk dalam hitungan menit.

Demikianlah penjelasan bagaimana cara merebus atau memasak daging sapi biar cepat empuk atau supaya lunak alias tidak alot. Mengenai masalah berapa menit lama merebus daging sapi agar empuk, kalau Anda membaca dengan seksama artikel di atas, pasti tahu jawabanya.

Sumber :
https://palembang.tribunnews.com/2018/08/22/tips-mengolah-daging-sapi-agar-cepat-empuk-tanpa-waktu-yang-lama-berikut-bahan-bahannya?page=all
https://www.grid.id/read/04144751/7-tips-mudah-agar-daging-sapi-lebih-cepat-empuk-makan-pun-jadi-lezat-saat-dikunyah?page=all
https://www.popbela.com/lifestyle/food/andinarahayu/cara-mengolah-daging-supaya-empuk/full
https://tirto.id/6-cara-alami-membuat-daging-empuk-sebelum-dimasak-ef8z


BACA JUGA : 6 Rekomendasi Panci Presto


Back To Top