Fungsi Panci Presto


Panci presto memang dapat dipakai agar tahapan memasak berlangsung lebih pendek karena telah dilengkapi dengan tutup panci yang amat rapat yang menjadikan uap di dalam panci itu tak keluar sesampai uap akan mempercepat proses memasak karena suhu begitu tinggi.

Memasak dengan memakai panci presto juga jauh lebih sehat sebab tahapan memasaknya menggunakan suhu didih tinggi yang mengakibatkan kuman dan mikroorganisme langsung mati.

Memasak dengan menggunakan panci presto ini lebih cepat sekitar 80% jika dibandingkan dengan menggunakan panci umumnya sesampai kualitas masakan yang diproduksi pun lebih berkualitas sebab kandungan gizi terjaga dengan baik dalam proses memasak yang pendek.

Untuk Sobat yang berkeinginan mengganti panci yang biasa Anda gunakan di rumah dengan panci presto, pastinya Sobat perlu mengetahui apa saja kegunaan yang bisa diperoleh dengan memakai panci presto ini. Oleh karena itu silahkan simak ulasan guna panci presto yang kami kasih di bawah ini.

  1. Makanan Lebih Sehat


Oleh sebab panci presto memakai suhu tinggi ketika memasak, maka bakal membunuh segala bakteri yang ada pada makanan, suhu tinggi ini juga menjadikan duri ikan serta tulang ayam menjadi lunak dan dapat dimakan.

  1. Gizi Makanan Terjaga


Panci presto cuma membutuhkan waktu yang terbilang singkat dalam mematangkan makanan dan ini menjadikan kandungan nutrisi yang terdapat pada bahan makanan tetap terjaga dengan bagus sehingga rasa dari hasil masakan akan jauh semakin nikmat sebab menggunakan sedikit air yang tak bakal mempengaruhi rasa makanan.

  1. Hemat Energi


Dengan proses memasaknya yang cepat, maka bakal sangat berpengaruh pada pemakaian energi seumpama gas atau listrik menjadi semakin hemat. Memasak dengan memakai panci presto pun tak akan mengeluarkan uap minyak sesampai Anda tidak mesti cape membersihkan dapur sesudah memasak.

  1. Lebih Aman


Panci presto memang sudah dirancang sedemikian rupa sehingga begitu aman untuk digunakan, rancangan panci presto yang tersedia sekarang ini pun sudah dilengkapi sampai 6 buah katup serta sistem ventilasi buat menjaga keamanan pemakai serta mencegah hal yang tidak diinginkan pada waktu memasak.

Mekanisme gasket dan proses membuang tekanan berlebihan akan disalurkan dengan sangat bagus serta  cuma sedikit memerlukan perawatan terutama pada panci presto stainless steel.

  1. Lebih Serbaguna


Tidak seumpama umumnya alat memasak yang hanya memiliki satu atau dua fungsi saja, panci presto ialah alat multiguna yang dapat digunakan buat bermacam pengolahan makanan seperti merebus, menggoreng, mengukus, memanggang dan lain sebagainya. Dengan sifatnya yang multifungsi tersebut, membuat panci presto tak memakan banyak tempat dalam area dapur.

  1. Mengempukkan Tulang


Kegunaan panci presto selanjutnya adalah bisa digunakan untuk mengempukkan tulang, urat serta daging dalam waktu yang cukup cepat karena adanya uap dan tekanan tinggi yang terdapat pada panci presto itu. Hal ini tentunya tak bisa dilakukan dengan panci biasa, meskipun sebetulnya bisa, tetapi membutuhkan tempo yang begitu lama.

  1. Suhu Dapur Semakin Sejuk


Untuk kita yang hidup di Indonesia dengan iklim tropis pastinya bakal membuat area dapur menjadi lebih panas saat digunakan memasak, namun dengan memakai panci presto hal ini tak berlaku, sebab panci presto bakal menahan seluruh uap panas, berada tetap di dalam panci dan menjadikan dapur lebih sejuk dibandingkan ketika memakai peralatan memasak yang lain.

  1. Mudah Dibersihkan


Saat memasak dengan menggunakan alat masak biasa, maka banyak uap, minyak serta bermacam noda yang tertinggal usai memasak seperti di atas kompor, meja dapur, dinding dan yang yang lain. Namun kalau Anda memakai panci presto, hal ini tak bakal terjadi serta tahapan membersihkan bakal kian gampang dan cepat.

  1. Anti Karat


Panci presto yang tersedia sekarang ini umumnya di produksi dengan bahan stainless steel yang tahan terhadap karat, tak seumpama pada waktu memakai panci biasa yang mesti Sobat ganti secara rutin sebab timbul karat dalam penggunaan yang lumayan lama. Hal ini tentunya akan menghemat biaya pengeluaran Sobat.

  1. Membuat Kue


Panci presto tak cuma bisa digunakan untuk memasak saja, tetapi juga bisa digunakan untuk membuat kue dengan tekstur lembut seperti menggunakan oven atau kukusan. Cara membikin kue dengan memakai panci presto juga cukup mudah, yakni dengan memberi alas kertas roti pada dasar panci presto kemudian tuang adonan serta tutup panci sampai adonan kue matang sempurna.

Buat memilih panci presto yang bagus, pilih panci yang memiliki bahan aluminium yang ringan serta harganya pun terjangkau serta mempunyai daya hantar panas yang baik. Namun, kekurangan dari panci presto alumunium ialah jika digunakan dalam waktu yang lumayan lama maka akan muncul noda hitam di bagian bawah panci.

Pilihan kedua ialah panci presto dengan material stainless steel yang lebih kuat dan berat serta harga yang cukup mahal dari bahan aluminium. Panci presto stainless steel ini lumayan tahan lama yang tentunya panci dapat semakin awet dan terjaga mutunya.

Panci presto stainless steel pun memiliki kekurangan yakni penghantar panas yang kurang bagus kalau dibandingkan dengan bahan aluminium sehingga umumnya pada bagian luar panci juga ditambah dengan lapisan aluminium.

Demikian Sebagian kegunaan panci presto kirin dalam memasak, pastikan buat membeli panci presto berkualitas serta terpercaya dan baca terlebih dahulu cara pemakaian panci presto dengan benar.

Sumber : https://manfaat.co.id/manfaat-panci-presto

BACA JUGA : 6 Rekomendasi Panci Presto


Back To Top