Cara Masak Daging di Panci Presto


Keutamaan utama memasak daging dengan panci presto adalah daging jauh lebih cepat empuk sehingga waktu masak bisa dikurangi sampai 60%. Kalau biasanya diperlukan  tempo 3 jam buat memasak daging hingga empuk, dengan panci presto cuma diperlukan waktu kurang dari satu jam.

Tetapi ternyata, dibalik keuntungannya itu terdapat kekurangan yang akhirnya menjadi penyebab banyak orang untuk tak mau lagi memasak daging atau ikan menggunakan panci presto. Kekurangan yang paling real adalah pada rasa dagingnya yang hambar atau 'sepo/anyep' menurut orang Jawa.

Setelah melewati rangkaian uji coba, akhirnya didapatkan cara paling memuaskan memasak daging memakai panci presto. Caranya, panci presto hanya digunakan pada tahap akhir memasak atau digunakan pada tahap pelunakan.

Proses sebelumnya yakni penumisan bumbu, peresapan bumbu (ungkep), hingga penuangan santan, diproses memakai wajan. Sesudah kurang lebih 45 menit atau sesudah bumbu betul-betul meresap ke dalam daging, barulah daging dan kuahnya dipindahkan ke panci presto.

Masak lagi kira-kira 30 menit. Setelah api dimatikan, diamkan presto hingga tekanannya betul-betul habis. Silahkan cek hasilnya. Disebabkan bumbu telah diresapkan ke daging sebelum dimasukkan ke presto, maka pemasakan daging di presto cuma berefek pada testurnya.

 

Cara Memasak Daging dgn Panci Presto

Pertama, masukkan daging yang sudah berbumbu ke dalam panci. Masukkan air  sampai daging terendam. Masukkan air sampai setinggi 2/3 bagian panci. Masak dengan api maksimal hingga terdengar desis.

Kecilkan api dan diamkan hingga matang. Matikan kompor. Tunggu kira-kira 15 menit agar tekanan di dalam panci turun.

Oh ya, panci presto tersedia juga dengan yang menggunakan listrik juga lho. Tentu cara kerjanya agak berbeda.  Yakinkan untuk mengetahui panduan manualnya secara seksama agar dapat berhasil memasak daging dengan panci presto.

Referensi : mufidbtm.blogspot.com/2011/11/cara-memasak-daging-dengan-panci-presto.html, https://www.mondasiregar.com/tips-memasak-ketupat-dan-daging-dengan-panci-presto/,

BACA JUGA : 6 Rekomendasi Panci Presto


Back To Top