Apa Fungsi Panci Presto


Panci presto memang dapat dipakai supaya proses memasak berlangsung semakin pendek karena telah dilengkapi dengan tutup panci yang sangat rapat yang membuat uap di dalam panci itu tak keluar sesampai uap akan mempercepat proses memasak karena suhu begitu tinggi.

Memasak dengan memakai panci presto pun jauh semakin sehat sebab tahapan memasaknya memakai suhu didih tinggi yang mengakibatkan kuman dan mikroorganisme langsung mati.

Memasak dengan memakai panci presto ini lebih cepat sekitar 80% kalau dibandingkan dengan memakai panci biasa sesampai mutu masakan yang diproduksi pun lebih berkualitas karena kandungan gizi terjaga dengan bagus dalam proses memasak yang pendek.

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh kalau memasak menggunakan panci presto, tak cuma singkat dalam memasak tetapi juga beberapa fungsi panci presto lainnya. Silahkan dibaca ulasan selengkapnya berikut ini.

  1. Makanan Semakin Sehat


Oleh sebab panci presto menggunakan suhu tinggi pada saat memasak, maka akan membunuh semua bakteri yang terdapat di dalam, suhu tinggi ini pun menjadikan duri ikan serta tulang ayam menjadi lunak dan bisa dimakan.

  1. Nutrisi Makanan Terjaga


Panci presto hanya membutuhkan waktu yang terbilang singkat dalam mematangkan makanan dan ini membuat kandungan nutrisi yang ada pada bahan makanan tetap terjaga dengan bagus sesampai rasa dari hasil masakan akan jauh semakin nikmat sebab memakai sedikit air yang tak bakal mempengaruhi rasa makanan.

  1. Hemat Energi


Dengan tahapan memasaknya yang cepat, maka bakal begitu berpengaruh terhadap pemakaian energi seumpama gas atau listrik menjadi semakin hemat. Memasak dengan memakai panci presto pun tak bakal mengeluarkan uap minyak sehingga Anda tak perlu cape membersihkan dapur sesudah memasak.

  1. Semakin Aman


Panci presto memang telah dirancang sedemikian rupa sesampai begitu aman buat dipakai, rancangan panci presto yang tersedia sekarang ini juga telah dilengkapi hingga 6 buah katup dan sistem ventilasi buat menjaga keamanan pengguna serta mencegah hal yang tidak diinginkan ketika memasak.

Mekanisme gasket serta tahapan membuang tekanan berlebihan akan didistribusikan dengan begitu baik serta  cuma sedikit memerlukan perawatan terutama pada panci presto stainless steel.

  1. Semakin Serbaguna


Tak seumpama umumnya alat memasak yang cuma mempunyai satu atau dua kegunaan saja, panci presto merupakan alat multiguna yang bisa dipakai buat bermacam pengolahan makanan seperti merebus, menggoreng, mengukus, memanggang dan yang lainnya. Dengan sifatnya yang multifungsi tersebut, membuat panci presto tidak memakan banyak ruang dalam area dapur.

  1. Mengempukkan Tulang


Kegunaan panci presto selanjutnya adalah bisa dipakai untuk mengempukkan tulang, urat serta daging dalam waktu yang cukup cepat karena adanya uap serta tekanan tinggi yang ada pada panci presto itu. Hal ini pastinya tak dapat dilakukan dengan panci biasa, walaupun sebetulnya dapat, namun membutuhkan waktu yang begitu lama.

  1. Suhu Dapur Lebih Sejuk


Untuk kita yang tinggal di Indonesia dengan cuaca tropis pastinya bakal membuat area dapur menjadi lebih panas ketika digunakan memasak, tetapi dengan memakai panci presto hal ini tak berlaku, karena panci presto akan menahan semua uap panas, berada tetap di dalam panci serta menjadikan dapur semakin sejuk dibandingkan saat menggunakan peralatan memasak yang lain.

  1. Gampang Dibersihkan


Ketika memasak dengan menggunakan alat masak biasa, maka banyak uap, minyak serta bermacam noda yang tersisa usai memasak seumpama di atas kompor, meja dapur, dinding dan lain sebagainya. Tetapi kalau Anda menggunakan panci presto, hal ini tak akan terjadi dan tahapan membersihkan bakal semakin gampang dan cepat.

  1. Anti Karat


Panci presto yang tersedia saat ini dengan umum dibuat dengan bahan stainless steel yang tahan akan karat, tak seumpama saat memakai panci biasa yang harus Sobat ganti secara rutin sebab muncul karat dalam pemakaian yang cukup lama. Hal ini tentunya bakal menghemat biaya pengeluaran Anda.

  1. Membuat Kue


Panci presto tidak cuma dapat dipakai untuk memasak saja, namun juga dapat digunakan untuk membikin kue dengan tekstur lembut seperti menggunakan oven atau kukusan. Cara membuat kue dengan menggunakan panci presto pun lumayan gampang, yakni dengan memberi alas kertas roti pada dasar panci presto kemudian tuang adonan dan tutup panci sampai adonan kue matang sempurna.

Untuk memilih panci presto yang baik, pilih panci yang mempunyai bahan aluminium yang ringan serta harganya pun terjangkau serta memiliki daya hantar panas yang baik. Namun, kekurangan dari panci presto alumunium adalah jika digunakan dalam waktu yang cukup lama maka akan muncul noda hitam di bagian bawah panci.

Pilihan kedua ialah panci presto dengan bahan stainless steel yang cukup kokoh serta berat serta harga yang cukup mahal dari bahan aluminium. Panci presto stainless steel ini lebih tahan lama yang tentunya panci dapat lebih awet dan terjaga kualitasnya.

Panci presto stainless steel juga memiliki kekurangan yakni konduktor panas yang kurang bagus bila dibandingkan dengan material aluminium sehingga umumnya pada bagian luar panci juga ditambah dengan lapisan aluminium.

Itulah beberapa guna panci presto dalam memasak, pastikan untuk membeli panci presto bermutu serta terpercaya dan baca terlebih dahulu cara pemakaian panci presto dengan betul.

Referensi : https://manfaat.co.id/manfaat-panci-presto

BACA JUGA : 6 Rekomendasi Panci Presto


Back To Top