Kegunaan Panci Presto Untuk Apa Saja ?


Kalau dahulu panci presto hanya dipakai pada restoran saja, tetapi sekarang penggunaannya telah kian meluas dan menjadi salah satu peralatan memasak yang mesti dimiliki para ibu rumah tangga. Sobat tentu sudah pernah mencicipi enaknya dari bandeng presto yang durinya pun dapat dimakan sebab sudah menjadi lunak sebab dimasak dengan memakai panci presto ini.

Ada banyak manfaat yang dapat didapat kalau memasak menggunakan panci presto, tak hanya singkat dalam memasak namun juga beberapa kegunaan panci presto yang lainnya. Silahkan dibaca ulasan selengkapnya berikut ini.
  1. Makanan Lebih Sehat
Oleh karena panci presto memakai suhu tinggi pada saat memasak, maka akan membunuh segala bakteri yang terdapat pada makanan, suhu tinggi ini pun menjadikan duri ikan dan tulang ayam menjadi lunak serta dapat dimakan.
  1. Nutrisi Makanan Terjaga
Panci presto cuma membutuhkan tempo yang terbilang singkat dalam mematangkan makanan dan ini membuat kandungan gizi yang ada pada bahan makanan tetap terjaga dengan bagus sesampai rasa dari hasil masakan bakal jauh lebih nikmat sebab menggunakan sedikit air yang tak bakal mempengaruhi rasa makanan.
  1. Hemat Energi
Dengan proses memasaknya yang cepat, maka akan sangat berpengaruh pada pemakaian energi seumpama gas atau listrik menjadi semakin hemat. Memasak dengan menggunakan panci presto juga tidak akan mengeluarkan uap minyak sehingga Sobat tidak perlu cape membersihkan dapur sesudah memasak.
  1. Lebih Aman
Panci presto memang sudah didesain sedemikian rupa sesampai begitu aman untuk dipakai, desain panci presto yang ada sekarang ini pun telah dilengkapi hingga 6 buah katup serta sistem ventilasi buat menjaga keamanan pemakai serta mencegah hal yang tidak diinginkan ketika memasak.

Mekanisme gasket serta proses membuang tekanan berlebihan akan disalurkan dengan begitu baik dan cuma sedikit memerlukan perawatan terutama pada panci presto stainless steel.
  1. Semakin Serbaguna
Tidak seumpama umumnya alat memasak yang cuma memiliki satu atau dua kegunaan saja, panci presto ialah alat multifungsi yang dapat dipakai buat bermacam pengolahan makanan seperti merebus, menggoreng, mengukus, memanggang dan lain sebagainya. Dengan sifatnya yang multifungsi itu, menjadikan panci presto tak memakan banyak ruang dalam area dapur.
  1. Mengempukkan Tulang
Kegunaan panci presto seterusnya adalah bisa dipakai buat mengempukkan tulang, urat dan daging dalam waktu yang cukup cepat karena adanya uap serta tekanan tinggi yang terdapat pada panci presto itu. Hal ini tentunya tidak bisa dilakukan dengan panci biasa, walaupun sebetulnya bisa, namun membutuhkan tempo yang sangat lama.

Kegunaan Panci Presto untuk apa saja

  1. Suhu Dapur Lebih Sejuk
Untuk kita yang hidup di Indonesia dengan cuaca tropis tentunya bakal menjadikan area dapur menjadi lebih panas pada waktu digunakan memasak, tetapi dengan memakai panci presto hal ini tak berlaku, karena panci presto akan menahan semua uap panas, berada tetap di dalam panci serta membuat dapur semakin sejuk dibandingkan pada waktu menggunakan peralatan memasak lainnya.
  1. Gampang Dibersihkan
Ketika memasak dengan menggunakan alat masak biasa, maka banyak uap, minyak dan berbagai noda yang tersisa usai memasak seperti di atas kompor, meja dapur, dinding serta yang yang lain. Tetapi kalau Sobat memakai panci presto, hal ini tidak bakal terjadi dan proses membersihkan akan semakin mudah dan cepat.
  1. Anti Karat
Panci presto yang ada kini dengan umum di produksi dengan bahan stainless steel yang tahan akan karat, tak seperti ketika memakai panci biasa yang mesti Sobat ganti secara rutin sebab timbul karat dalam pemakaian yang cukup lama. Hal ini pastinya akan menghemat biaya pengeluaran Anda.
  1. Membuat Kue
Panci presto tak cuma bisa dipakai untuk memasak saja, tetapi juga bisa digunakan buat membikin kue dengan tekstur lembut seperti memakai oven atau kukusan. Cara membikin kue dengan memakai panci presto juga cukup mudah, yaitu dengan memberi alas kertas roti pada dasar panci presto kemudian tuang adonan dan tutup panci sampai adonan kue matang sempurna.

Untuk memilih panci presto yang bagus, pilih panci yang memiliki bahan aluminium yang ringan dan harganya pun terjangkau dan memiliki konduksi panas yang baik. Tetapi, kekurangan dari panci presto alumunium ialah bila digunakan dalam tempo yang lumayan lama maka akan timbul bercak hitam di bagian bawah panci.

Pilihan kedua adalah panci presto dengan bahan stainless steel yang lebih kokoh serta berat serta harga yang lebih mahal dari bahan aluminium. Panci presto stainless steel ini lebih tahan lama yang tentunya panci bisa lebih awet dan terjaga mutunya.

Panci presto stainless steel juga mempunyai kekurangan yakni konduktor panas yang kurang bagus kalau dibandingkan dengan material aluminium sehingga umumnya pada bagian luar panci juga ditambah dengan lapisan aluminium.

Demikian beberapa kegunaan panci presto maxim 7 liter ataupun merk lainnya dalam memasak, pastikan buat membeli panci presto bermutu serta terpercaya serta baca terlebih dahulu cara pemakaian panci presto dengan betul.

Baca selanjutnya :
- manfaat memasak dengan presto yaitu
- cara mengukus dengan panci presto
- cara menggunakan panci presto oxone
- cara menggunakan panci presto maxim
- cara kerja panci presto
- cara membuka panci presto
- kegunaan panci presto 
- merk panci presto yang bagus

Sumber : https://manfaat.co.id/manfaat-panci-presto


BACA JUGA : 6 Rekomendasi Panci Presto


Tag : kegunaan panci presto
Back To Top