Cara Membuat Rendang Daging dengan Panci Presto


Keuntungan utama memasak daging dengan panci presto adalah daging jauh lebih cepat empuk sesampai waktu masak dapat dikurangi hingga 60 menit. Sekarang dengan tersedianya panci presto, memasak rendang tidak memakan waktu ketimbang pada waktu menggunakan panci biasa.

Namun faktanya, dibalik keuntungannya tersebut terdapat kekurangan yang akhirnya menjadi alasan banyak orang buat tidak ingin lagi memasak daging atau ikan menggunakan panci bertekanan. Kekurangan yang paling real adalah pada rasa dagingnya yang hambar atau 'sepo/anyep' menurut orang Jawa.

Sesudah melewati rangkaian tes, akhirnya didapatkan cara paling memuaskan memasak daging memakai panci presto. Caranya, panci presto hanya dipakai pada langkah akhir memasak atau digunakan pada tahap pengempukan.

Langkah sebelumnya yaitu penumisan bumbu, peresapan bumbu (ungkep), hingga penuangan santan, diproses memakai wajan. Sesudah kira-kira 45 menit atau setelah bumbu benar-benar meresap ke dalam daging, barulah daging beserta kuahnya dipindahkan ke panci presto.

Masak lagi sekitar 30 menit. Sesudah api dimatikan, diamkan presto sampai tekanannya betul-betul habis. Silahkan cek hasilnya. Karena bumbu sudah diresapkan ke daging sebelum dimasukkan ke presto, maka pemasakan daging di presto hanya berefek pada testurnya.

 

Cara Memasak Daging Menggunakan Presto

Pertama, masukkan daging yang sudah berbumbu ke dalam panci. Tambahkan air  sampai daging terendam. Masukkan air sampai setinggi 2/3 bagian panci. Masak dengan api besar sampai terdengar desis.

Kecilkan api serta diamkan sampai matang. Matikan kompor. Tunggu kurang lebih 15 menit supaya tekanan di dalam panci turun.

Oh ya, panci presto tersedia juga dengan yang menggunakan listrik juga lho. Tentu prinsip kerjanya tidaklah sama.  Pastikan untuk membaca panduan manualnya secara seksama agar dapat berhasil memasak daging dengan panci presto.

Sumber : mufidbtm.blogspot.com/2011/11/cara-memasak-daging-dengan-panci-presto.html, https://www.mondasiregar.com/tips-memasak-ketupat-dan-daging-dengan-panci-presto/,

BACA JUGA : 6 Rekomendasi Panci Presto


Back To Top